Wordpress (.com) Atau (.org) ? Ini Penjelasannya

by Roman Batavi , at March 10, 2019 , have 0 comments
Ketika akan membuat website atau blog tentu memerlukan banyak waktu, karena Anda harus menentukan beberapa hal. Diantaranya seperti strategi melakukan promosi blog, baik itu melalui mesin pencari atau sosial media untuk mendapatkan pengunjung.Selain itu yang paling utama adalah menentukan platform yang akan digunakan. Biasanya Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan, sebagai contoh memilih Blogspot atau WordPress seperti yang akan saya bahas pada artikel ini.

WordPress.com dan WordPress.org
Sebelum melakukan perbandingan antara memilih Blogspot atau WordPress, saya akan membahas mengenai WordPress terlebih dahulu. WordPress (.com dan .org) merupakan platform yang paling banyak digunakan berdasarkan data dari BuiltWith.Tahukah Anda jika WordPress.com dan WordPress.org adalah dua jenis platform yang berbeda?

Baca juga :

Biasanya, jika ada yang ingin membuat website untuk pertama kalinya akan kesulitan membedakan WordPress.com dan WordPress.org.Untuk mengetahui perbedaan dari keduanya adalah dengan cara melakukan pengecekan pada setiap platform. Berikut ini saya bahas perbedaannya supaya Anda dapat memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan.

1. WordPress.com
WordPress.com adalah platform yang digunakan untuk membuat blog dan website dengan WordPress. Anda hanya perlu membuat akun di WordPress.com kemudian menentukan subdomain (namawebsite.wordpress.com), pilih template kemudian Anda sudah bisa langsung menerbitkan artikel pertama.
Berikut adalah paket WordPress.com yang dapat Anda gunakan.

  1. Gratis (terbatas).
  2. Personal ($60/tahun)
  3. Premium ($132/tahun)
  4. Business ($429/tahun)

Meskipun terlihat lebih mudah untuk membuat blog di WordPress.com, tentu ada beberapa kekurangan dan kelebihannya seperti berikut ini.

A. Kelebihan 
Khusus bagi Anda yang bertujuan untuk mengabadikan cerita seperti artikel harian, WordPress.com adalah pilihan yang tepat. Berikut diantaranya:
  • Gratis, dengan penyimpanan sampai 3 GB. Anda bisa beralih ke layanan berbayar untuk media penyimpanan yang lebih besar.
  • Anda tidak perlu repot melakukan update, karena sudah ditangani oleh WordPress.com

B. Kekurangan
Ada beberapa batasan jika Anda menggunakan WordPress.com dan ini adalah yang membedakannya dengan WordPress.org. Berikut adalah beberapa diantaranya.
  • Akan tampil iklan dari WordPress jika Anda menggunakan layanan WordPress.com gratis. Sehingga iklan akan tampil pada website Anda dan Anda tidak mendapatkan bayaran untuk iklan tersebut. Jika Anda ingin iklan tidak tampil, Anda harus melakukan upgrade ke layanan berbayar (mulai dari $60/tahun).
  • WordPress.com tidak mengijinkan iklan selain WordAds seperti Adsense dan sejenisnya dipasang di blog Anda.
  • Tidak bisa upload plugin.
  • Tidak bisa upload template, Anda hanya bisa menginstal template gratis yang sudah disediakan WordPress.
  • Tidak bisa memasang code untuk melacak statistik pengunjung seperti Google Analytics, kecuali Anda menggunakan paket bisnis.
  • Website Anda bisa saja dihapus sewaktu waktu oleh pihak WordPress.com karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka.
  • Mengandung tautan ke WordPress.com, untuk menghilangkannya harus upgrade ke paket bisnis.
  • Tidak bisa menambahkan fitur eCommerce.

2. WordPress.org
WordPress.org adalah platform yang memiliki popularitas yang cukup tinggi. Platform ini open source dan tersedia secara gratis untuk Anda gunakan. Platform ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis website, mulai dari untuk membuat blog sampai website perusahaan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

A. Kelebihan
Anda memiliki hak penuh untuk mengelola dan mengatur website. Anda bisa mengurangi atau menambah fitur sesuai kebutuhan. Berikut ini kelebihan menggunakan WordPress.org untuk membangun website.

  • Gratis dan mudah digunakan
  • Memiliki kontrol penuh
  • Dapat menambah plugin dan template
  • Bisa digunakan untuk membuat toko online
  • Berpeluang mendapatkan uang dari blog melalui iklan seperti Adsense dan sejenisnya
  • Bebas mengubah tampilan dengan template yang diinginkan

B. Kekurangan
Hanya ada beberapa kekurangan yang dimiliki WordPress.org, berikut diantaranya.
  • Modal – Anda harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain, sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 80.000 setiap bulannya. Hal ini tergantung penggunaan sumber daya pada hosting Anda, misalnya semakin banyak pengunjung kebutuhan biaya akan bertambah karena harus beralih ke paket hosting yang lebih tinggi. Tapi hal tersebut akan sebanding dengan penghasilan yang Anda dapatkan.
  • Update – Harus melakukan update WordPress sendiri, tapi dapat Anda lakukan dengan mudah melalui dashboard admin WordPress, hanya sekali klik saja.
  • Backup – Anda perlu melakukan backup rutin, tapi akan dimudahkan dengan adanya plugin untuk melakukan backup otomatis.

Dari perbandingan antara WordPress.com dan WordPress.org, untuk WordPress.com memiliki fitur yang cukup terbatas ketika Anda menggunakan paket gratis atau personal.
Untuk membuat sebuah blog yang akan digunakan untuk menulis blog pribadi, Anda dapat menggunakan paket gratis dari WordPress.com, tapi Anda harus rela dengan iklan yang tampil di blog Anda dan tidak bisa memasang Adsense.

Jika Anda ingin fitur dan kontrol yang lebih lengkap, maka Anda harus melakukan upgrade ke paket bisnis dengan membayar $429/tahun atau sekitar Rp. 5.705.700 (jika $1 = RP. 13.300).Sedangkan jika Anda menggunakan WordPress.org dengan fitur dan kontrol yang lebih lengkap, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 600 ribu untuk satu tahun.
Wordpress (.com) Atau (.org) ? Ini Penjelasannya
Wordpress (.com) Atau (.org) ? Ini Penjelasannya - written by Roman Batavi , published at March 10, 2019, categorized as Tips . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->