Wordpress vs Blogger (Blogspot)

by Roman Batavi , at March 10, 2019 , have 0 comments
Setelah Anda memahami perbedaan WordPress.com dan WordPress.org (baca disini) dan dapat menentukan platform mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, selanjutnya adalah melakukan perbandingan antara memilih WordPress atau Blogspot.Sebagai catatan, untuk WordPress yang dibandingkan di sini adalah WordPress.org dengan Blogger (blogspot).

1. Kepemilikan

A. Blogspot
Jika Anda menggunakan Blogspot, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.

Blogger atau Blogspot merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga, maka Anda perlu melakukan backup konten blog Anda.

B. WordPress
Beda dengan Blogspot, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka Anda perlu membeli layanan hosting unlimited murah dari Niagahoster untuk menyimpan data website.

Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.

2. Tampilan

A. Blogspot
Untuk tampilan default yang disediakan oleh Blogger (blogspot) cukup terbatas. Jika Anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan dapat Anda ubah melalui tools yang tersedia.

template blogspot

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik untuk Blogpsot, Anda perlu membeli template dari pihak ke tiga yang banyak tersedia. Di indonesia sendiri sudah banyak penyedia template Blogspot premium dengan kualitas yang cukup baik.

B. WordPress
Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah tersedianya ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website Anda akan terlihat profesional.

template wordpress

Anda dapat menemukan template gratis dengan mudah sesuai dengan kategori dari website Anda, misalnya template untuk website berita atau lainnya, Anda hanya perlu mengakses repository template WordPress.

3. Kontrol

A. Blogspot
Anda tidak memiliki kontrol penuh pada website dengan tool cukup terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website. Sebagai contoh, untuk permalink akan mengikuti permalink default, sehingga Anda tidak bisa membuat struktur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

B. WordPress
Karena WordPress merupakan software open source, sehingga dengan mudah Anda dapat menambahkan fitur baru. Untuk menambahkan fitur baru, Anda tidak perlu menguasai pemrograman, cukup menginstal plugin sesuai dengan jenis fitur yang diinginkan.Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat toko online yang dilengkapi shopping cart, cukup menginstal plugin WooCommerce dan melakukan beberapa pengaturan sesuai petunjuk.

4. Keamanan

A. Blogspot
Salah satu keuntungan menggunakan Blogspot, website Anda cukup aman karena dikelola oleh Google, dengan syarat Anda menggunakan template default. Anda tidak perlu repot mengelola penggunaan sumber daya server atau mengamankan blog Anda. Meskipun website Anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak Blogspot. Namun selama konten Anda tidak menyalahi aturan, blog Anda akan aman.

B. WordPress
WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala.  Untuk kontrol sepenuhnya ada pada Anda, sehingga harus melakukan backup sendiri. Ada banyak plugin yang tersedia untuk memudahkan hal tersebut, silakan baca artikel mengenai plugin wajib WordPress.
Apakah Bisa Pindah dari Blogspot atau WordPress Gratis ke WordPress.org?

Kebanyakan pengguna baru yang belum mengetahui perbedaan antara WordPress.com, Blogspot atau WordPress self hosted, lebih memilih membuat blog gratis baik dari WordPress.com atau Blogspot.Setelah mereka mengetahui batasan yang tersedia pada Blogspot atau WordPress.com dan website yang mereka buat tujuannya cukup serius, (baik untuk perusahaan ataupun untuk menghasilkan uang dari blog), biasanya ingin berpindah ke WordPress.org.

Wordpress vs Blogger (Blogspot)
Wordpress vs Blogger (Blogspot) - written by Roman Batavi , published at March 10, 2019, categorized as Tips . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->