Penyebab Dan Dampak Harddisk Bad Sector

by Roman Batavi , at February 10, 2019 , have 6 comments

Bad sector merupakan suatu masalah yang terjadi pada hardisk, masalah tersebut membuat harddisk menjadi lambat dalam memproses suatu data yang dapat membuat harddisk itu sendiri tidak terbaca. Harddisk yang mengalami atau memiliki bad sector adalah ketika salah satu cluster pada hard disk terbaca rusak. Sector tersebut tidak memberi respon ketika dibaca oleh head-nya hard disk.
Kesalahan biasanya ditandai sebagai “CRC” atau ‘Cyclic Redundancy Error’. Selain itu, beberapa file data anda akan hilang, tidak dapat di baca atau rusak dan tidak dapat mengakses file dan folder tertentu. Kalau ini terjadi, berarti itu merupakan penyebab masalah bad sector. Gangguan ini akan menyebabkan OS tidak bisa berjalan dengan optimal, proses pengerjaan apapun berjalan lambat bahkan OS tidak bisa tampil karena melakukan restart terus-menerus.
Hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen. Solusi untuk masalah Bad Sector yaitu, jika hardisk masih bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Namun, kalau sistem merespon kemacetan terhadap data saat mengcopy data penting, itu berarti data yang tersimpan pada lokasi bad sector tersebut akan susah dikembalikan.

Ciri-Ciri Harddisk Yang Terkena Bad Sector

  • Komputer atau laptop tiba-tiba “hang” atau not responsing ketika menjalankan aplikasi-aplikasi komputer dan kejadian ini sering.
  • Jika diamati dari suaranya, harddisk berputar dengan suara yang tidak wajar. Namun hal ini kecil kemungkinannya, kecuali jika harddisk memang ada cacat yang besar dikomponen hardware nya.
  • Hardisk terbaca dengan baik di bios namun pada saat komputer dinyalakan, komputer selalu restart.
  • Kinerja komputer semakin lambat atau “lemot”. Misalnya saat membuka folder-folder dalam drive komputer.
  • Ada file-file yang hilang bahkan partisi yang hilang. Ini jika sudah kronis stadium 4.
  • Saat booting tidak mau masuk ke sistem operasi bahkan dilayar tidak muncul apa-apa alias hanya layar hitam pekat saja.

Penyebab Mengapa Harddisk Terkena Bad Sector

Bad sector bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada harddisk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Atau bisa saja harddisk tersebut sudah cacat dari ketika diproduksi di pabriknya. Karena pembuatan harddisk terbarupun bahkan sudah tidak sempurna. Hal ini bisa menyebabkan sistem operasi gagal beroperasi, kehilangan data-data penting dan kegiatan game atau multimedia terhenti karena harddisk yang bad sector.

  • Kerusakan secara fisik

Kerusakan ini, biasanya bisa terjadi karena adanya benturan yang cukup keras tepat di bagian harddisk. Tapi, masalah seperti ini memang jarang sekali terjadi. Hardisk akan mengalami kerusakan/bad ketika terjadi benturan fisik dengan benda keras lainnya. Seperti benturan karna jatuh, getaran atau hentakan keras.

Kerusakan secara fisik ini relative lebih sulit untuk diperbaiki apalagi jika hardisk sudah benar–benar mati. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.
Walaupun demikian beberapa kasus kerusakan harddisk secara fisik ada yang berhasil diatasi (bukan diperbaiki) dengan menggunakan teknik tertentu yang akan saya jelaskan pada bagian selanjutnya. Teknik ini bisa digunakan dengan catatan hardisk masih terdeteksi namun tidak bisa diakses (baca/tulis) secara cepat karena block/sector di hardisk mengalami keruskan.

  • Kerusakan secara software

Kerusakan secara software dapat diakibatkan karena terlalu sering melakukan instal ulang (OS). Selain itu, kadang prosedur mematikan kompter yang tidak benar atau terlalu sering install/uninstal Aplikasi. Namun jangan salah, kerusakan sofware ini lebih sedikit bermasalah di bandingkan dengan kerusakan secara fisik apalagi soal sistem operasi, kerusakan secara sofware masih bisa membaca hardisk dengan baik walapun sedikit lambat.

Kerusakan secara software ini, masih mungkin untuk bisa di perbaiki dengan menggunakan beberapa software recovery harddisk. Dimana software tersebut akan menghapus atau menghilangkan bagian yang terkena bad sector.

Penyebab lain terjadinya bad sector, antar lain

  1. Jarangnya maintenance komputer/laptop. Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk.
  2. Seringnya komputer mati tiba-tiba saat beroperasi, cobalah untuk menggunakan UPS.
  3. Penggunaan komputer atau laptop yang terlalu lama juga akan dapat memaksa hardisk untuk bekerja lebih banyak dari biasanya sehingga akan lebih cepat mengalami kerusakan atau bad sector.
  4. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya
  5. ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  6. Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.
  7. Tidak pernah mendefrag PC atau Laptop anda, walaupun hal tersebut kemungkinannya tidak terlalu besar setidaknya seminggu sekali lakukan hal tersebut.
  8. Tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.

Bad sector juga bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada harddisk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data.

Dampak Yang Dibulkan Hardisk Jika Terkena Bad Sector

Dampak dari bad sector sendiri bisa langsung anda ketahui ketika menyalakan PC atau Laptop. Di saat anda ingin memasuki menu desktop terasa sangat lambat sekali dalam proses bootingnya. Jika sudah memasuki desktop pun akan terasa berat jika kita membuka suatu apliksi, walaupun aplikasi tersebut sangat ringan. Dampak yang paling bahaya yaitu tidak terdeteksinya hardisk yang membuat anda hanya bisa masuk ke dalam menu utama, selain itu tampilan hanya ada blue screen saja.Jika anda memasuki desktop, kemudian membuka aplikasi maka harddisk tidak akan terdeteksi dan akan kembali masuk ke dalam menu utama lagi.

hdd regenerator adalah tool dari hiren’s 10.0 yang memungkinkan untuk memperbaiki bad sector pada hard disk drive yang rusak tanpa kehilangan data yang ada. mendukung berbagai jenis hard drive dan dapat digunakan dengan sistem file termasuk FAT, NTFS, EXT3, HFS dll. Bad sector sendiri dibagi dalam dua bagian, yaitu bad sector secara fisik dan bad sector secara software. Bad sector fisik bisa terjadi karena HardDisk terjatuh, terkena debu, kepanasan, dan lain-lain.

Tips Hardisk Jika Terkena Bad Sector :

  • Pastikan suhu komputer sobat tetap dingin dan bersihkan dari debu-debu yang menempel
  • Matikan komputer dengan proses yang benar. Tidak di anjurkan mematikan komputer dengan paksa.
  • Gunakan PSU berkualitas untuk menjaga arus-arus yang tidak diinginkan dari PLN
  • Hindari goncangan-goncangan pada komputer ataupun laptop untuk mencegah head crash
  • Gunakan antivirus yang selalu update untuk melindungi komputer dari serangan malware
  • Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector
Sebelum melakukan proses scaning untuk melihat bagian mana yang terkena bad sector menggunakan “Victoria” ada baiknya Anda melakukan format terlebih dahulu hardisk atau mungkin lebih tepatnya menonaktifkan partisi hardisk sehingga tidak perlu dibaca dan ditampilkan di drive mini windows dengan begitu Anda bisa lebih leluasa bergerak dan ini juga bisa mempercepat proses scaning hardisk nantinya.

Harddisk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan file-file sistem operasi maupun file-file data pribadi. Namun, jika harddisk terkena bad sector sesuatu yang tersimpan dalam harddisk tersebut akan mengalami gangguan yang menyebabkan OS tidak bisa berjalan dengan optimal, proses pengerjaan apapun berjalan lambat bahkan OS tidak bisa tampil karena melakukan restart terus-menerus.

Selain itu, bad sector juga dapat menyabakan masalah yang sangat parah yaitu, tidak dapat mengakses file dan folder tertentu. Seperti yang sudah di jelaskan dalam ulasan di atas. Dan dampak yang di timbulkan sangat berpengaruh terhadap menu proses bootingnya saat menyalakan laptop atau PC. Kadang harddisk yang terkena bad sector dengan mematikan paksa PC atau Laptop anda tanpa melakukan shutdown terlebih dahulu.
Penyebab Dan Dampak Harddisk Bad Sector
Penyebab Dan Dampak Harddisk Bad Sector - written by Roman Batavi , published at February 10, 2019 . And have 6 comments
6 comments Add a comment
Ely setiawan
Dulu saya pernah lg main main laptop lupa batrai tidak terpasang, terus colokan charger tidal sengaja terlepas, akhirnya bad sektor :(
Roman Batavi
wah itu mungkin pas laptop agan terlepas dari charger dan mati tiba tiba gan, hardisk nya bisa kaget itu gan wkwkwk.
Reply Delete
Debbie Puspa
Laptop saya kena bad sector karena saya geplak. Saat diservis, kata tukang servis tidak bisa lodaing/membaca ketika dipindah ke laptop lain. Itu bagaimana ya? Apakah fix gak bisa diperbaiki?
Reply Delete
Unknown
SalvationDATA.id (Everesta Media) Data Recovery has been in business for over 25years and has earned the reputation of being the most experienced and trusted data recovery company. We professionally recover data from hard drives, RAIDs, solid state drives, flash drives, SD Cards, and others media storage.

We have a comprehensive working schedule that includes a trust professional diagnostic evaluation, guaranteed all-inclusive lower price quote that will never you found, free shipping and free return media for completed projects, and “No data – No charge”!
Reply Delete
bang amin
Ini masih bisa banget, banyak kasus badsector yang bisa terselamatkan datanya. Coba konsultasi aja dulu
Baca ini https://qr.ae/pGBclq , biar ga salah pilih tempat servis hardisk.. tempat servis sekarang banyak yang nyoba nyoba doang, malah ilang selamanya gitu datanya.
Reply Delete
Unknown
Klo hardisk non system kena bad sector apa pengaruh terhadap pc komputer,saya pasang dua hardisk yg sistem sehat tp yang buat data kena bad sector
Reply Delete
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->