Ini Akibatnya Jika Terpapar Radiasi Handphone!

by Roman Batavi , at February 08, 2019 , have 0 comments


Handphone saat ini memang sudah menjamur dan sudah menjadi salah satu benda utama dalam melaksanakan aktivitas sehari-sehari.Handphone adalah alat komunikasi yang mudah dan praktis untuk digunakan.Handphone adalah alat komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai media transmisinya.Namun,dibalik segala kemudahan yang ada,handphone memiliki dampak negatif yang cukup serius bagi penggunanya bila tidak benar-benar memanfaatkannya dengan bijak.
Berbagai dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan handphone memang sangat kompleks dan sangat sedikit pengguna handphone yang mengetahui hal ini.Perlu diketahui,meskipun emisi handphone tergolong kecil,yaitu apabila handphone diletakkan didekat kepala sekitar beberapa menit,mampu menaikkan suhu sel-sel otak sekitar 0.1 derajat Celcius (Anonim, 2009).Namun ,penelitian lain menunjukkan bahwa potensi gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat radiasi yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik yaitu ; Gangguan pada system darah,system reproduksi,system saraf,system psikologis, hipersensitivitas,dan gangguan lain.
Meningkatnya penggunaan Handphone di masyarakat tentunya akan memberikan dampak seperti di atas,karena semakin tinggi intensitas penggunaan ponsel, maka makin tinggi pula intensitas paparan radiasi gelombang yang diterima tubuh (mahardika,2009).Sedangkan menurut Anonim (2009), ada beberapa pengaruh lain yang ditimbulkan dari paparan radiasi gelombang elektromagnetik pada handphone,seperti :
 
1. Mampu Memanaskan otak dan kulit
2. Resiko terkena Kanker
3. Kerusakan sistem pertahanan tubuh dan DNA
4. Resiko bayi cacat
5. Peningkatan tekanan darah
6. Penyakit Alzheimer’s, Multiple sclerosis dan Parkinson’s
7. Jantung dan batu ginjal
8. Sakit kepala, pusing-pusing, dan kehilangan konsentrasi
 
Selain itu ,radiasi handphone dapat berdampak pula pada system reproduksi.Menurut Anonim (2009),pengaruh radiasi terhadap organ reproduksi dapat menimbulkan bahaya kesehatan.Salah satu diantaranya dapat menyebabkan kemandulan. Seringkali akibat radiasi pada handphone terjadi pada pria. Penyebabnya dikarenakan testis lebih sensitif daripada ovum. Radiasi handphone akan merusak sel-sel sperma, sehingga sperma tersebut akan rusak dan tidak dapat membuahi. Jika terus-menerus radiasi ini mengenai tubuh maka akan menyebabkan terjadinya kemandulan. Nah,kesimpulan yang dapat diambil yaitu,ternyata handphone memiliki dampak yang cukup serius bagi kesehatan.Radiasi yang dipancarkan pada handphone tidak hanya sewaktu handphone tersebut digunakan,namun ketika kita meletakkan handphone tersebut kedalam saku pun ,kita tetap terpapar radiasi yang ditimbulkan oleh handphone tersebut.Oleh karena itu,kita sebagai pengguna hendaknya lebih menyadari hal itu dan tentunya lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone,dengan cara sebisa mungkin kita dapat meminimalisir waktu pemakaian handphone dan memaksimalkan jarak antara handphone dengan tubuh kita.
Ini Akibatnya Jika Terpapar Radiasi Handphone!
Ini Akibatnya Jika Terpapar Radiasi Handphone! - written by Roman Batavi , published at February 08, 2019, categorized as Tips . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->