Ini 8 Kekurangan Bisnis Online

by Roman Batavi , at February 11, 2019 , have 0 comments
Walaupun yang dinamakan bisnis adalah sebuah usaha pilihan yang paling menguntungkan daripada pilihan yang lainnya, namun masih saja ada kekurangan dibaliknya. Tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Bisa jadi kekurangan itu malah sebagai tantangan yang selanjutnya diubah menjadi kelebihan.

Kalau mau berbisnis tetapi sudah mereview kekurangannya dan kemudian mundur, maka Anda tidak akan maju. Padahal tujuan dari review tersebut adalah untuk mendapatkan penguatan akan rencana bisnis yang akan Anda pilih. Layaknya bisnis online ini. Jika dilihat sekilas, mengamati para pelaku bisnis online yang kebanyakan sukses, maka sudah pasti bahwa bisnis ini sangatlah menguntungkan. Padahal ada kekurangan bisnis online yang ada didalamnya.memang tidak terlihat secara sekilas, tetapi jika sudah terjun, maka akan merasakannya. Maka akan muncul pemikiran bahwa yang namanya bisnis itu sama saja.Selama ini yang Anda lihat pasti sisi praktisnya berbisnis online. Tidak perlu lahan untuk membuka toko, tidak perlu menggaji karyawan, tidak butuh membayar pajak toko, dan lain-lain. Bahkan tidak perlu menyetok barang karena Anda bisa mengambil atau membeli barang dari reseller setelah mendapatkan pesanan.
Namun ternyata dibalik semua kemudahan itu, ada kekurangan bisnis online yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Tidak bisa bekerja tanpa koneksi internet
Ini jelas, karena semua media sosial yang Anda jadikan promosi itu akan aktif saat ada koneksi internet. Di saat mati lampu, koneksi internet akan lemot. Padahal saat itu sedang banyak orderan dari pelanggan, maka sudah pasti semua pekerjaan terbengkalai. Berbeda kalau bekerja offline, menjual apa saja sudah ada stok di toko. Kalau Tidak bisa dihubungi, maka bisa langsung ke toko.

2. Rawan dibohongi atau ditipu
Seperti yang Anda ketahuan, kalau sistem belanja online adalah membayar terlebih dahulu, baru kemudian barang diproses (dibelikan dari reseller, packing, lalu dikirim). Proses ini sangatlah aman dan akan menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli amanah dengan langsung membayar dan penjual bertanggung jawab langsung mengirim barang yang dibeli.

Tetapi pada kenyataannya, bukti transfer ada yang palsu. Pembeli menunjukkan bukti transfer via medsos ke penjual, lalu penjual yang terlalu banyak pekerjaan langsung percaya. Ternyata uang tidak masuk ke rekening setelah dicek dan bandang terlanjur dikirim. Bukan hanya itu saja, kekurangan bisnis online ini juga terkait dengan janji pembeli yang akan membuat setelah barang dikirim ternyata bohong. Setelah ditagih malah hilang tanpa jejak.

3. Dibohongi supplier
Banyaknya supplier yang bekerja sama dengan Anda membuat katalog barang Anda semakin banyak. Kebutuhan pembeli pun bisa terpenuhi dari satu online shop saja. Tetapi ternyata katalog dari supplier itu adalah editing. Saat barang benar-benar dipesan pembeli, yang datang malah mengecewakan. Kualitasnya sangat jauh dari tampilan gambar. Alhasil Anda pun harus bertanggung jawab untuk mengganti kerugian pembeli.

4. Barang tidak sampai ke pembeli
Ini juga masuk ke kekurangan bisnis online, karena macet di ekspedisi, atau memang sudah hilang di tengah jalan. Anda pun akan mendapatkan protes dari pembeli. Tidak jadi untung, tetapi malah buntung. Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dikarenakan untuk eksebisi saat ini sudah bisa di tracking dan dipermudah dengan pemantauan secara online.

5. Sabar saat banyak pembeli yang hanya bertanya saja
Saat tahu harganya mereka mundur halus atau tidak jadi membeli. Jadi pebisnis online harus super sabar. Kapan saja smartphone akan berbunyi. Entah berisi pesanan atau bertanya saja. Hal ini menjadi hal yang wajar karena dalam bisnis online pembeli mempunyai kesempatan untuk bertanya tapi juga berpeluang juga untuk menjadi PHP untuk tidak membeli produk Anda.

6. Menjadi subjek pelanggan
Kaitannya adalah dengan status Facebook atau media sosial yang sudah menjadi rutinitas mainan sehari-hari. Isinya kebanyakan menyindir, memuji, atau yang lainnya. Menjadi pengusaha online shop pun harus siap menjadi objek pembicaraan di medsos oleh pelanggan.

Untung kalau isinya tentang kepuasan, kalau menyindir atau menjatuhkan malah akan membuat Anda rugi. Kekurangan bisnis online ini berawal dari hal sepele yang akibatnya sangat fatal. Jadi, pengusaha online shop bermediakan medsos, pembeli pun demikian.

7. Dibanding-bandingkan dengan online shop yang lainnya
Utamanya adalah masalah harga. Pembeli memang raja, jadi bisa kapan saja mendapatkan informasi harga-harga barang di beberapa online shop. Tetapi akan sangat mengganggu jika terlalu dibanding-bandingkan. Bagi yang tidak kuat maka akan ikut-ikutan penjual online yang lainnya. Padahal beda supplier dan juga beda kualitas. Selain itu beda wilayah pun juga menjadi faktor yang membedakan harga dari satu online shop ke online shop yang lainnya.

8. Omset menurun jika barang yang dijual tidak up to date
Ini dikarenakan kebanyakan barang Yang dijual di online shop adalah yang belum dijual di toko offline. Kalau barang dagangan tidak update, maka akan ditinggal pelanggannya. Hal ini perlu dilakukan dengan sangat cepat untuk bisa mengupdate dan memberikan inovasi terhadap produk kita kepada customer. Jangan sampai tidak update membuat customer kita tidak bisa dan tidak menyukai produk yang kita jual.

Beberapa kekurangan bisnis online tersebut adalah segelintir hal yang perlu Anda ketahui dalam bisnis online. Di mana memang benar, bahwa bisnis online ini lebih rawan daripada bisnis offline. Sekali saja ada masalah, maka akan lebih cepat menyebar, karena dibuat status pada Facebook atau media sosial yang lainnya.

Pemilik online shop harus berhati-hati dalam melayani pembelinya. Salah bicara atau pelayanan bisa fatal akibatnya karena kekuatan informasi di dunia maya tidak bisa dihentikan. Sekali menyebar akan langsung ke mana-mana beritanya. Maka dari itulah, mengutamakan pelayanan kepada konsumen harus dilakukan.

Sekian artikel kali ini, saya Roman Batavi. HAPPY BLOGGING.
Ini 8 Kekurangan Bisnis Online
Ini 8 Kekurangan Bisnis Online - written by Roman Batavi , published at February 11, 2019, categorized as Tips . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->