Perlu Langkah yang tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia
Digital. Pada artikel kali ini kita akan membahas details
mengenai Langkah Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia Digital. Kira kira
apa saja yang kita perlukan, mulai dari langkah awal hingga langkah
advance yang lebih baik bisa kita gunakan untuk mengembangkan bisnis
Anda di dunia Digital :
Membangun Rumah Bisnis Anda
Mari kita mulai dengan membangun ‘rumah bisnis’ Anda di dunia
digital. Seperti layaknya membangun toko pertama Anda, Anda akan
mempertimbangkan banyak hal dari mulai sumberdaya, tenaga, waktu, dan
target atau tujuan yang ingin dicapai. Mulailah dengan melakukan listing
apa saja yang akan Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis di dunia
digital. Setelah menentukan bentuk ‘rumah bisnis’ Anda, Anda bisa segera
membangun rumah bisnis Anda pada platform yang diinginkan. Anda mungkin
akan memerlukan banyak waktu untuk mempelajari karakteristik rumah
bisnis Anda, dan bagaimana mengelola dan mengoperasikan rumah bisnis
Anda. Anda dapat menemukan banyak sumber informasi di internet yang
dapat Anda baca untuk membantu Anda.
Mempromosikan Rumah Bisnis Anda
Bagaimana Anda membuat pelanggan dapat menemukan bisnis Anda secara
online? Ada beberapa cara untuk melakukannya dengan menggunakan digital.
Mari kita mulai dengan mesin pencari. Ketika orang-orang mengetik
sesuatu di mesin pencari, mereka membiarkannya tahu persis apa yang
mereka cari. Jika Anda menawarkan produk dan layanan yang relevan dengan
kata kunci yang mereka cari, mesin pencari akan menampilkan bisnis Anda
dalam hasil pencarian.
Baca juga : 5 Pekerjaan Baru di Dunia Digital
Ketika Anda menelusuri website lain untuk melihat berita, cek skor
olahraga, isi resep, menonton video dan umumnya isi banyak dan banyak
konten menarik di seluruh web. Di samping semua konten ini Anda mungkin
melihat iklan. Iklan ini disebut iklan display atau Display Ads. Display
Ads dapat muncul dimana saja secara online, dan di dalam berbagai
format seperti teks, gambar, video, dan iklan yang dapat Anda Klik dan
berinteraksi. Display Ads dapat menjadi cara yang bagus untuk pesan Anda
agar ditampilkan diluar Website atau halaman lain, di luar dari website
Anda sendiri. Selain itu Anda dapat memilih orang yang di inginkan
untuk melihat iklan Anda, dan Anda dapat memilih situs atau halaman apa
yang Anda inginkan.
Media sosial telah menjadi fenomena budaya, berkembang menjadi
kebutuhan pemasaran. Media sosial juga membantu menyebarkan brand
awareness melalui blog, update, video atau bentuk konten lainnya yang
kemudian dapat dibagi dengan teman mereka, yang selanjutnya dapat dibagi
dengan teman mereka dan sebagainya. Hal ini tidak hanya membuat calon
pelanggan Anda teredukasi tentang bisnis Anda tetapi juga menarik lebih
banyak prospek pelanggan dengan menghasilkan lebih banyak
kesadaran/minat terhadap brand Anda, dan bahkan menghasilkan potensi
konten untuk menjadi viral. Dengan mengupload konten di media sosial
juga cenderung mendorong peningkatan tingkat lalu lintas ke website,
yang berpotensi menghasilkan lebih banyak konversi dan peringkat yang
lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. Anda juga dapat memasang
iklan di media sosial, dengan target audience yang spesifik sesuai
sasaran pasar bisnis Anda.
Anda mungkin familiar dengan email, Anda dapat bertukar informasi
dengan rekan seperti layaknya bertukar surat pada masa lampau. Email
dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda, yaitu dengan
menggunakan email marketing. Email marketing akan menjadi saraa promosi
yang efektif jika Anda memiliki database alamat email pelanggan Anda
yang sudah terkategori secara spesifik, sehingga Anda dapat mengirimkan
email yang lebih personal dan relevan. Melalui email marketing Anda
dapat mengirimkan penawaran produk/promo kepada calon pelanggan Anda,
maupun menjalin hubungan baik dengan para pelanggan melalui newsletter.
Jika Anda mengirimkan email marketing, hindari spamming dengan
memborbardir pelanggan Anda dengan promosi tanpa adanya bahan lain yang
memberikan keuntungan bagi mereka. Ini akan membuat menurunnya loyalitas
pelanggan Anda dan cenderung mengabaikan email Anda selanjutnya.
Video menjadi konten yang kuat dan sangat diminati oleh pelanggan
internet belakangan ini. Anda mungkin banyak melihat suatu video yang
unik yang menarik begitu banyak penonton hingga akhirny amenjadi viral.
Jika kita ingat kembali studi kasus HijUp, mereka memperoleh banyak
exposure setelah mengeluarkan berbagai video tutorial. Yang perlu Anda
perhatikan adalah, iklan dalam bentuk video tidak selalu harus berupa
hardsell (jualan secara langsung) saja, tetapi bisa juga dengan konten
yang bermanfaat dari segi edukasi yang berkaitan dengan kebutuhan
pelanggan Anda, atau bisa juga dengan konten yang dapat menyentuh emosi
viewers sehingga meningkatkan loyalitas ereka terhadap brand bisnis
Anda.
Menganalisa dan Mengembangkan Rumah Bisnis Anda di Dunia Digital
Hal pertama yang harus diingat: jangan berharap terlalu banyak atau
terlalu cepat. Kerena untuk mendapatkan perhatian publik secara online
kepada bisnis Anda diperlukan waktu menyiapkan kehadiran bisnis Anda
secara digital dan itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain itu
mesin pencari juga membutuhkan waktu untuk menemukan bisnis Anda, dan
bagimana Anda menerapkan dan meningkatkan rencana pemasaran digital
Anda. Jadi, cobalah untuk tidak menetapkan tujuan yang terlalu kabur dan
tidak realistis bagi bisnis Anda.
Selanjutnya bagian yang penting dari rencana online adalah untuk
mengukur apa yang sudah Anda lakukan dan dapat pastikan untuk bekerja.
Hal ini disebut analisis, dan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana
orang-orang dapat menemukan situs web Anda dan apa saja yang mereka
lakukan ketika mereka sampai di website. Umumnya dengan mengetahui dari
mana pengunjung online Anda datang, dapat membantu Anda mengetahui
pemasaran / online marketing mana bekerja dan memberikan keuntungan
untuk bisnis Anda dan mana yang tidak. Anda dapat memfokuskan usaha Anda
di bagian yang menunjukkan performa yang baik.