Cara Memilih PSU Yang Baik

by Roman Batavi , at March 13, 2020 , have 0 comments
Sehebat apapun komponen dalam PC kalian tentu itu enggak akan bermakna ketika kalian make PSU yang enggak bisa diandalkan. Inilah mengapa, memilih power supply yang baik bisa ngaruh banget buat kelangsungan hidup PC kalian, yang tentu aja bisa jadi aset jangka Panjang berharga.
 
Pertanyaannya, pilihan mana yang ideal buat kalian? Beberapa faktor yang bakal kami ungkap di bawah ini bisa aja jadi sesuatu yang bermanfaat buat kalian pertimbangin, apalagi jika kalian sedang berencana beli PSU baru yang worth banget dan sesuai dengan budget maupun kebutuhan.

Sebelum nyari part PC yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kalian, hal pertama yang perlu kalian fokuskan adalah Power Supply.


Tapi masalahnya, milih PSU yang ideal tuh terkadang enggak boleh sembarangan ambil, bukan cuman itu karena punya label 80+ ataupun daya yang besar, justru kalian perlu lebih jeli dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk itulah, sebelum beli tuh perangkat, beberapa faktor yang bakal kami ungkap bisa jadi solusi ideal kalian sebelum dapetinnya.

Ok, pertama adalah total watt yang dibawa. Terkadang banyak dari kita suka mikir bahwa punya PSU dengan kapasitas Watt tinggi berarti itu semakin baik. Bisa bener, bisa juga sebaliknya, terkecuali kalian berencana bakal upgrade komponen PC dengan kekuatan yang jauh lebih besar dibanding sekarang.

Yang terpenting sebenarnya adalah pilihlah sesuai dengan kebutuhan PC yang akan kalian bangun, biasanya mudah dilihat dari kebutuhan minimum PSU untuk kartu grafis extra yang bakal kalian pake. Mengapa begitu? VGA biasanya ngasih konsumsi daya paling besar diantara komponen PC lainnya, sehingga itu bisa jadi tolak ukur kalian sebelum beli PSU yang tepat buat kebutuhan kapasitas Watt.

Disisi lain, PSU dengan kapasitas diatas 650W biasanya dikhususkan bagi mereka yang punya kebutuhan besar, seperti grafis high-end yang super keyen, storage extra maupun hal yang enggak biasanya dibanding pengguna kasual. Jadi jika kalian bukan dari bagian dari orang-orang tersebut, maka idealnya milih PSU dengan kapasitas dibawah 650W atau kurang, meskipun standar minimumnya hari ini berada di level 400W.

Gimana dengan rating 80+? Tentu ini bisa jadi faktor ideal lain yang perlu kalian pertimbangin, meskipun pada dasarnya jika kalian seorang kasual user yang enggak butuh banyak daya dan enggak terlalu peduli pada nilai efisiensi, PSU standar tanpa rating pun udah cukup. Cuman masalahnya, nilai efisiensi lewat rating tersebut setidaknya bisa nunjukin bahwa perangkat ini ngonsumsi energi jauh lebih efisien, yang tentu aja bakal ngurangin tagihan listrik PC kalian setiap bulan.

Rating 80+ itu sendiri punya beberapa sertifikasi, dimana 80+ standar dengan label warna putih punya tingkat efisiensi hingga 80%, Bronze punya efisiensi hingga 82%, Silver hingga 85%, Gold 87% dan Platinum hingga diatas 90%. Cuman, semakin tinggi rating, tentu harga enggak datang dengan murah, apalagi jika PSU tuh punya fitur extra seperti kabel modular.

Dan bicara tentang fitur kabel, PSU biasanya punya 3 pilihan kabel yang punya sajian beda-beda, seperti kabel tetap yang sepenuhnya terpasang pada tuh PSU, semi modular dimana cuman beberapa kabel inti aja yang terpasang, sementara sisanya bisa dipasang atau dilepas dan full modular, yang artinya kalian bisa sepenuhnya pasang kabel atau dilepas pada tuh PSU yang tentu aja bakal mudahin pemasangan PSU pada casing maupun kebutuhan kabel bisa jauh lebih efektif.

Semua merk PSU yang hadir pada dasarnya udah cukup baik, terlebih lagi untuk seri populer sekelas Seasonic, Cooler Master, Corsair, bequiet dan sebagainya. Cuman, perlu diketahui juga bahwa produsen ngasi kelas tersendiri yang bisa disesuaiin bagi konsumen, termasuk budget.
 
Tapi mengapa harus matok pada produsen populer, apakah seri non populer juga bisa diandelin? Pada dasarnya, milih PSU lewat brand populer, setidaknya nilai kehandalan tuh PSU udah diakui banyak orang, kemudahan klaim garansi, meskipun enggak semua sih, dan yang terpenting mereka ngasih sesuatu yang jelas buat dipahami bagi user seperti pilihan konfigurasi yang dimiliki ataupun seri tertentu yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Cara Memilih PSU Yang Baik
Cara Memilih PSU Yang Baik - written by Roman Batavi , published at March 13, 2020, categorized as Hardware . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->