Perbedaan Hosting Gratis Dan Berbayar

by Roman Batavi , at February 05, 2019 , have 0 comments
Untuk Anda yang telah membuat atau selesai menguji website di komputer lokal atau localhost dan ingin memindahkan ke web hosting, memilih web hosting yang akan digunakan menjadi salah satu pertimbangan cukup penting. Ada dua macam web hosting terkait biaya yang dikeluarkan yaitu free web hosting (web hosting gratis) dan paid web hosting (web hosting berbayar). Jika Anda tidak memiliki biaya untuk menyewa web hosting dan tidak mempermasalahkan adanya batasan (restriction) dan keterbatasan (limitation), Anda dapat menggunakan web hosting gratis dan sebaliknya Anda dianjurkan untuk menggunakan web hosting berbayar. 

Sekarang ini, sudah cukup banyak penyedia web hosting yang menyediakan layanan baik untuk web hosting gratis maupun web hosting berbayar. Apabila dilihat dari segi fitur yang tersedia dan pelayanan yang diberikan, Anda sangat disarankan untuk menggunakan web hosting berbayar. Web hosting berbayar umumnya terdiri dari beberapa macam paket yang dapat dipilih untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyewanya. Apabila diperlukan, Anda sewaktu-waktu juga dapat melakukan upgrade maupun downgrade paket layanan hosting berbayar ini.
Berikut ini adalah beberapa gambaran perbedaan antara web hosting gratis dan berbayar yang dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda dalam memilih web hosting yang akan digunakan:
  • Ada tidaknya iklan dari penyedia layanan hosting.

    Tujuan utama perusahaan penyedia layanan hosting adalah mencari keuntungan dari jasa penyewaan hosting. Dengan bayaknya penyewa yang menggunakan jasa layanan hosting berbayar, keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. Pada kenyataannya, penyedia web hosting juga menyediakan jasa web hosting gratis dengan disk space, bandwidth, fitur dan dukungan teknis yang sangat terbatas.

    Bila Anda menggunakan layanan web hosting gratis dan kemudian mengunggah (upload) website, website Anda nantinya akan diisi iklan (advertising) yang bisa dalam bentuk banner, text, pop-ups atau jenis advertising lainnya. Penyedia layanan web hosting mendapatkan keuntungan perusahaan dari pemasang iklan yang muncul di website Anda. Anda sama sekali tidak memiliki kontrol atas iklan-iklan yang ditayangkan di website Anda.
  • Disk space dan bandwidth yang diperoleh.

    Web hosting berbayar umumnya memberikan disk space dan bandwidth tertentu sesuai dengan paket hosting yang disewa. Anda juga diberikan kemudahan upgrade paket ke yang lebih tinggi atau downgrade paket ke yang lebih rendah untuk menyesuaikan dengan perkembangan konten dan jumlah pengunjung website Anda.

    Web hosting gratis umumnya memiliki disk space dan bandwidth terbatas. Ukuran file website yang dapat Anda unggah dan jumlah pengunjung dibatasi dengan disk space dan bandwidth yang tersedia. Apabila jumlah pengunjung pada bulan berjalan melampaui bandwidth yang disediakan pada bulan itu juga, website Anda tidak dapat diakses dan akan kembali normal pada bulan berikutnya. Web hosting gratis juga tidak mempunyai pilihan untuk upgrade ke yang lebih tinggi atau downgrade ke yang lebih rendah.
  • Dukungan pada paket hosting yang digunakan.

    Web hosting berbayar mendapatkan dukungan penuh seperti dukungan teknis 24 jam, akses pengetahuan dasar dan tutorial online, forum pelanggan dan juga technical help desk. Apabila Anda mempunyai permasalahan terkait dengan hosting, mereka dengan segera akan membantu untuk memecahkan permasalah. Web hosting gratis umumnya tidak memiliki semua itu. Kalaupun ada, hanya bersifat dasar dan minimal. Apabila Anda menghadapi suatu permasalahan, bantuan yang diberikan juga tidak akan bisa cepat.
  • Ketersediaan fitur dan tool.

    Web hosting berbayar cenderung menawarkan sesuatu yang lebih terkait dengan peralatan atau sarana (tool) dan juga fitur mulai dari plugin dan alat webmaster (webmaster tool) sampai ke shopping chart dan site builder. Web hosting gratis cenderung hanya memberikan fitur yang dasar dan minimal.
  • Prioritas keamanan website.

    Terkait dengan faktor security (keamanan), web hosting berbayar mempunyai prioritas untuk mendapatkan level pengamanan (security level) yang lebih tinggi dan menyediakan sumber daya lebih banyak untuk memproteksi data dan privasi pelanggan. Web hosting gratis cenderung menyediakan level keamanan yang mendasar (basic). Website yang menggunakan jasa web hosting gratis umumnya rentan (lemah) terhadap hacker
Perbedaan Hosting Gratis Dan Berbayar
Perbedaan Hosting Gratis Dan Berbayar - written by Roman Batavi , published at February 05, 2019 . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->