Mengapa Komputer Harus Di Shutdown?

by Roman Batavi , at February 12, 2019 , have 0 comments
Semua perangkat keras didalam sebuah komputer dirancang untuk dimatikan dengan menarik steker tanpa merusak kinerja hardware tersebut . Bahkan pada hard drive , ketika  drive tersebut berputar dengan cepat , saya percaya bahwa banyak sistem operasi modern dapat melakukan dan menempatkan komputer pada keadaan yang semestinya ketika komputer akan dimatikan sesuai prosedur.
 
Sejauh pengguna komputer  yang banyak terlibat , hasil akhir tampaknya sama , yaitu ketika sebuah komputer dimatikan . Beberapa dari mereka dan sudut pandang mereka , menahan tombol power selama beberapa detik bisa segera mematikan komputer , sedangkan untuk Windows shutdown yang tepat membutuhkan proses waktu mungkin 20 sampai 30 detik . Pertanyaannya,bagaimana akibatnya jika anda sering mematikan komputer anda dengan cara yang tidak biasa?
 Baca juga : Penyebab Dan Dampak Harddisk Bad Sector
Untuk mendapatkan langsung ke titik tersebut , sebuah jawaban yang sederhana  adalah bahwa ide yang sangat buruk ketika anda mematikan komputer Anda dengan menekan tombol power.Untuk memahami mengapa hal tersebut  adalah ide yang buruk , Anda perlu memahami sedikit tentang apa yang dilakukan komputer biasanya dilakukan selama proses Windows shutdown yang standar dan mengapa perlu melakukan hal-hal ini ketika Anda akan mematikan  komputer Anda .

Jika sebuah komputer sedang  berjalan dengan normal :
  • Hard disk didalam komputer berputar ribuan kali per menit
  • Sebuah Lengan kecil yang membaca dan menulis data ke hard disk bergerak mundur dan maju  sepanjang waktu
  • Windows memiliki banyak file yang  terbuka untuk membaca dan menulis
  • Windows mungkin akan membaca dan menulis ke sistem registry

Selama shutdown normal ,
  • Window menutup file yang sedang  membaca atau menulis
  • Window  menutup setiap akses itu ke sistem registry
  • hard disk sedikit demi sedikit  diparkir hati-hati di setiap bagian sisi disk secara perlahan
Bandingkan dengan atau ketika anda menahan tombol power selama beberapa detik ,apa yang bisa anda bayangkan dan akan terjadi ?,Menekan tombol power selama beberapa detik akan memotong kekuatan dengan segera ke seluruh komputer .

Bagaimana pengaruhnya ?
Setiap file Windows yang sedang menulis akan  memiliki data yang tidak lengkap atau rusak , karena proses shutdown window yang seolah tergesa-gesa  tidak memungkinkan untuk menyelesaikan menulis dengan benar .

jika Windows sedang menulis ke registri, sistem registry sekarang mungkin memiliki data yang tidak lengkap atau rusak karena Anda tidak memungkinkan untuk menyelesaikan dengan benar ketika menulis.Lengan/jarum hard disk, tidak parkir di sisi disk, dan dapat menyebabkan kerusakan perputaran hardisk dan juga menyebabkan data menjadi korup.

Nah, untuk waktu yang cukup lama,Anda mungkin beruntung dan data yang korup mungkin tidak terlihat,tapi di suatu hari, dan hal tersebut bisa saja hari dengan secara acak, ketika Anda sangat membutuhkan komputer , Anda mungkin menemukan bahwa salah satu dari program penting yang akan anda gunakan Anda tidak lagi bekerja karena file tersebut rusak,atau lebih buruk lagi, Windows tidak akan lagi bisa booting karena registri telah menjadi korup.

Dan bahkan bisa lebih buruk lagi, hard disk mungkin akan memiliki begitu banyak masalah secara fisik dan harus diganti, yang berpotensi kehilangan semua foto berharga, video dan dokumen yang Anda.Makanya,untuk menghindari perbaikan komputer yang cukup mahal, mengambil beberapa detik saja  untuk shutdown komputer Anda dengan benar akan membantu menjaga kinerja apa yang ada didalam komputer.

Ada beberapa orang bertanya apakah ada alternatif untuk menekan dan menahan tombol power saat komputer sedang “hang”dan tidak responsif?

Sementara ada hal  yang berbeda dalam definisi yang sedikit juga berbeda ketika sebuah kasus yakni komputer tidak merespons, dan  jika komputer tergantung selama beberapa menit, layar telah beku, pointer mouse tidak bisa bergerak di layar meskipun Anda secara fisik menggerakkan mouse, komputer tidak menanggapi Ctrl-Alt-Del, anda mungkin bisa dengan aman berasumsi bahwa ada sesuatu yang pada komputer tersebut.

Dalam keadaan tersebut,memang  benar-benar ada alternatif realistis untuk menekan dan menahan tombol power untuk mematikan komputer.Ketika Anda me-restart komputer, Anda mungkin akan diminta untuk memungkinkan alat Check Disk untuk menjalankan. Biarkan hal tersebut berjalan untuk memeriksa, dan mencoba untuk memperbaiki, masalah apapun yang mungkin ditemukan pada hard disk sebagai akibat dari hard power off.Dan jika mungkin, memeriksa setiap pesan kesalahan atau informasi sangat bermanfaat di Event Viewer yang akan menjelaskan mengapa komputer anda freeze up.

Jika komputer Anda membeku/hang secara teratur atau keseringan, mungkin ada kesalahan hard disk atau masalah hardware lainnya, atau bisa jadi ada file yang telah rusak dalam sistem Windows.
Mengapa Komputer Harus Di Shutdown?
Mengapa Komputer Harus Di Shutdown? - written by Roman Batavi , published at February 12, 2019, categorized as Hardware , Tips . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ro Man | Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Informatikans
Powered by Blogger
-->