Menurut data yang dihimpun oleh Google
terhadap beberapa brand yang tersebar di Indonesia, Singapura, dan
Thailand memperlihatkan lebih dari 90% pengguna mengatakan bahwa mereka
akan terus menggunakan layanan berbelanja online via website di masa mendatang.
Temuan lain terlihat bahwa 55% pembeli
sudah menggunakan situs website selama aktivitas mereka dalam membeli
barang. Hal ini menunjukkan bahwa website merupakan saluran penting
untuk urusan belanja secara digital selain lewat pasar langsung. Maka
dari itu, terdapat banyak manfaat jika brand kamu memiliki website
sendiri.
Salah satu satu pembeli asal Singapura memberikan ulasan mengenai metode berbelanja online lewat
website. Menurutnya dengan berbelanja lewat website, ia bisa
mengunjunginya beberapa kali bahkan satu sampai empat kali untuk
mengetahui apakah ada hubungan emosional dengan produk tersebut atau
tidak.
Selain itu, pembeli juga menggunakan website sebagai medium belanja online dengan harapan untuk membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Hal ini dilatarbelakangi karena belanja online seperti ini kerap kali terdapat promo menarik. Promo tersebut bisa dalam bentuk diskon, cashback, ataupun gratis ongkos kirim.
Pembeli Menginginkan Menjelajahi Produk Secara Mendalam
Akibat adanya pandemi, aktivitas belanja semakin ramai dilakukan lewat belanja online.
Langkah inilah yang perlu dipahami. Berikan pengalaman yang menarik dan
unik saat pembeli berkunjung ke websitemu. Kamu bisa tampilkan foto,
video, atau bentuk grafis lain yang menguraikan detail dan harga produk.
Dengan begitu kamu bisa memanjakan mata pembeli.
Hasil penelitian bahkan menyebutkan
bahwa 41% pembeli mengatakan bahwa para pembeli semakin termotivasi
untuk menggunakan situs website untuk tempat berbelanja online
karena mereka menawarkan spesifikasi produk yang jelas, menampilkan
spesifikasi produk melalui aset foto atau video, dan mudah dinavigasi.
Pembeli Ingin Berbelanja Secara Aman dan Dibantu Membuat Keputusan Belanja
Sebagai pembeli, rasa keinginan
berbelanja yang mudah dan aman sangat mereka harapkan. Saat memiliki
website belanja dan memberikan rasa keamanan yang tinggi kepada pembeli,
maka mereka pun akan semakin rajin berbelanja lewat websitemu. Apalagi
ditambah menurut data dengan sumber yang masih sama menyebutkan 42%
pembeli mengatakan mereka merasa produk yang mereka beli dapat dipercaya
atau asli, sementara 41% mengatakan mereka yakin bahwa informasi di
situs web itu benar.
Pembeli Ingin Terhubung Dengan Brand Lewat Pelokalan Produk
Saat pembeli baru yang ingin mulai melakukan aktivitas belanja online lewat
website, hal pertama yang mereka perhatikan adalah bahasa di website
tersebut. Apalagi jika pembeli tersebut kurang memahami penggunaan
bahasa asing. Selain itu, produk-produk lokal pun bisa jadi alasan
pembeli untuk sekedar melihat sampai membelinya. Penggunaan bahasa asing
bisa menyulitkan pembeli untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk
atau opsi pengiriman yang ditawarkan.
Dari pendekatan bahasa dan produk
yang dilokalkan, akan muncul rasa yang terhubung dari pembeli ke website
tempatnya melakukan belanja online. Rasa
terhubung ini bisa memberikan rasa nyaman sehingga menimbulkan
ketergantungan dari pembeli terhadap website terkait. Jika sudah
memasuki tahap ketergantungan, pembeli akan membeli barang jenis apapun
pasti di website tersebut.